Jumat, 24 Februari 2012

Soal Tes HRM


Essay.
Untuk pertanyaan essay anda hanya mengerjakan 6 butir soal dari 8 butir soal yang disediakan.

1.      Apakah anda setuju dengan pernyataan bahwa dengan adanya pembagian kerja akan mengakibatkan terjadinya produktivitas kerja? jelaskan mengapa?

2.      Atasan perlu melakukan pendelegasian wewenang agar mereka bisa menjalankan operasi manajemen dengan baik. Coba anda jelaskan bagaimana cara atasan tersebut memilih karyawan untuk bekerjasama menjalankan operasi manajemen diantara anggota yang memungkinkan semua tugas mendapat perhatian sepenuhnya dengan berprinsip “the right man in the right place”?

3.      Ketidaksesuaian antara dua atau lebih anggota – anggota atau kelompok – kelompok organisasi yang timbul karena adanya kenyataan bahwa mereka harus membagi sumber daya – sumber daya yang terbatas atau kegiatan – kegiatan kerja dan atau karena kenyataan bahwa mereka mempunyai perbedaan status, tujuan, nilai atau persepsi dapat didefinisikan sebagai konflik dalam organisasi atau perusahaan, menurut pendapat anda apa yang dapat menyebabkan terjadinya ketidaksesuaian atau perbedaan  tersebut, coba jelaskan minimal 3 faktor penyebab?

4.      Dalam lingkungan pendidikan khususnya di LP3I mempunyai suatu aturan yang diterapkan untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, namun selalu saja ada hambatan. Contoh kasus dalam satu minggu adakalanya mahasiswa diwajibkan untuk memakai pakaian formal karyawan, namun karena adanya konflik peranan dalam diri mahasiswa tersebut sehingga ia memilih untuk tidak melaksanakan aturan tersebut. Menurut anda disebut apa konflik dalam kasus tersebut serta solusi apa yang seharusnya dilaksanakan untuk mengatasi konflik tersebut !

5.      Menurut anda apakah tepat jika memberikan motivasi kerja seorang tenaga administrasi dengan menggunakan konsep model tradisonal? Berikan juga saran model apa yang seharusnya digunakan jika menurut anda konsep model tradisional kurang tepat untuk diterapkan, jelaskan?

6.      Apa yang dimaksud dengan Hygine factor / dissatisfiers? Silahkan anda bahas dan bandingkan deskripsi Hygine factor / dissatisfiers dan Satisfiers factor / Motivators? Jika anda diminta bergabung dalam suatu perusahaan, mana yang lebih anda prioritaskan perusahaan dengan system Hygine factor / dissatisfiers atau Satisfiers factor / Motivators, jelaskan mengapa?

7.      Ada asumsi yang menyatakan secara jelas dan tegas bahwa manusia dapat dibedakan berdasarkan manusia penganut teori X dan manusia penganut teori Y, coba anda jelaskan mengenai kedua teori tersebut?

8.      Untuk membagi kegiatan kedalam unit-unit yang logis, dilakukan departementalisasi. Hal ini bertujuan memudahkan pimpinan perusahaan dalam melakukan pengawasan dan koordinasi. Departementalisasi dapat dibedakan atas lini pelanggan, produk, fungsi, proses atau geografis. Coba anda jelaskan keempat departementalisasi tersebut?

Studi Kasus.
Soal studi kasus ini wajib dikerjakan.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala mengatakan antara Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) perlu pembagian kerja yang jelas. "Daripada bersaing mencari 'ikan' yang sama, maka model pembagian kerja seperti KPK dengan Polri atau Kejaksaan perlu ditiru dan dibangun," kata Adrianus melalui pesan singkatnya, di Depok, Senin.

Pembagian kerja yang jelas tersebut, katanya, bertujuan agar masyarakat tidak bingung sekaligus menjadi pembeda terkait kualitas kinerja masing-masing pihak. Menurut dia, berdasar Undang-undang Narkotika yang baru, dua lembaga ini memang diposisikan sama-sama memiliki kemampuan menyidik dan kewenangan menangkap.

Namun ke depan, keduanya perlu membuat diferensiasi entah dalam bentuk kekhasan cara penangkapan, obyek tangkapan, spesialisasi narkoba yang disita dan sebagainya, kata dia. Adrianus juga memberikan apresiasi terhadap Mabes Polri dan Badan Narkotika Nasional yang melakukan penangkapan terhadap pihak-pihak yang terlibat dengan narkoba. "Kita patut memberikan apresiasi kepada kedua lembaga tersebut," katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia

Apa komentar anda mengenai kasus tersebut diatas, bagaimana caranya agar masing-masing organisasi terlihat mempunyai peranan dan terkesan sinergis dalam menjalankan kegiatannya?






SEMOGA SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar